Secara sederhana, menggambarwa wajah manga dapat dijelaskan sebagai berikut
Pada dasarnya sudut yang paling sering adalah sudut yang nampak depan, 3/4 depan dan samping untuk yang lainnya biasanya penambahan dari dasar-dasar ini.
Bagian I : Tenik Dasar Menggambar karakter Manusia (Bagian Kepala dan Wajah)
Komik adalah suatu media bertutur atau bercerita melalui gambar. Sebuah komik tidak akan dapat disebut komik jika tak memiliki unsur gambar didalamnya . Teman-teman semua tentu suka membaca komik dan terkadang mencoba untuk menggambar ilustrasi atau bahkan membuat komik sendiri, namun seringkali menemui kendala dan kesulitan dalam melakukannya terutama pada proses menggambar. Untuk itu pada tutorial bagian pertama ini kami akan berbagi mengenai tehnik dasar dan tips dalam menggambar komik yaitu dasar menggambar bagian kepala dan wajah pada karakter manusia.
Sebenarnya ada banyak cara dalam menggambar karakter manusia namun yang akan kami tunjukan disini adalah bagaimana cara menggambar yang baik dengan menggunakan sketsa dan garis bantu. Sketsa merupakan rancangan acuan dalam membuat suatu gambar biasanya hanya berupa garis-garis sederhana namun sangat berguna dalam menentukan bentuk pasti sebuah gambar sehingga garis-garis yang akan kita buat kemudian menjadi lebih baik dan akurat. Membuat sketsa sangat dianjurkan sebelum kita membuat sebuah gambar jadi karna dapat mengurangi kesalahan dalam menggambar.
Untuk itu mari kita simak cara-cara dibawah ini :
Langkah 1
“Membuat garis patokan dasar untuk wajah”
Tahap pertama yang akan kita lakukan dalam menggambar wajah adalah membuat garis patokan untuk bagian alis dan hidung yang merupakan representasi ukuran wajah secara vertical dan horizontal.
Langkah 2
“Membuat patokan untuk rahang”
Buatlah gari patokan untuk bagian rahang dibawah garis alis namun jangan dibuat terlalu jauh atau terlalu dekat. Lebarnya sedikit lebih mengecil dari garis patokan alis.
Langkah 3
"Membuat garis patokan mata"
Garis ini dibuatdi bawah patokan alis dengan jarak yang dapat kita sesuaikan sendiri karena garis ini membantu kita menentukan besar mata karakter dan menjaga keseimbangan gambar mata yang akan kita buat.
Langkah 4
“Menyatukan garis- garis wajah”
Setelah patokan alis, hidung , rahang dan mata telah dibuat kita dapat menyatukan atau membuat garis outline wajah dimulai dari patokan alis sampai dagu.
Mulailah membuat dasar bentuk mata,alis, hidung dan mulut pada garis-garis patokan yang telah dibuat, jangan lupa unutk memperhatikan proporsi dan keseimbangannya.
Langkah 6
“Membuat dasar rambut pada garis batas rambut dan kepala”
“Menyelesaikan seluruh bentuk elemen wajah dan kepala”
Buatlah bentuk alis, mata, hidung , mulut dan rambut dengan lebih sempurna.
Langkah 7
“Memperhalus dan mempertegas bentuk wajah”
Langkah terakhir adalah mempertegas gambar dengan lebih menebalkan garis-garisnya atau menimpanya dengan pena. Garis patokan atau sketsa yang ada dapat dihapus agar gambar menjadi bersih.Pose wajah diatas adalah pose dasar, teman-teman dapat membuat lebih banyak pose yang berbeda berdasarkan posisi tubuh, angle view atau gerak tokoh. Untuk membuat pose lain yang lebih sulit biasakanlah unutk berpikir secara 3 dimensi dimana kita dapat membayangkan gambar kepala yag kita buat memiliki volume atau ruang yang dapat dilihat dari berbagai sudut.
Berikut ini adalah contoh urutan pembuatan gambar kepala dan wajah dari pose yang lainnya.
Pose setengah menyamping :
Pose menyamping :
Pose menunduk kebawah ( dilihat dari atas) :
Pose melihat keatas (dilihat dari bawah) :
Pose seperempat menyamping :
Eyes Style
Ragam-ragam Eyes Style yang dapat menjadi pacuan/contoh untuk menggambar manga yang bagus.
Step by step membuat mata anime/manga :
Hair
Gambar diatas adalah contoh rambut, jika anda ingin menggambar character perempuan.
Dan ini contoh gambar rambut untuk character laki-laki.
MENGGAMBAR BIBIR/MULUT
Manga tidak lengkap tanpa kehadiran mulut,mulut yang menentukan bagus atau tidaknya suatu manga
Expresi mulut harus diimbangi dengan Expresi muka.
Langkah membuat kepala pada manga :
1. Buatlah lingkaran dengan satu garis vertikal, dan dua garis horizontal
2. Lalu tambahkan garis seperti gambar disamping secara serong,..Ikuti saja pada gambar
3. Setelah mengikuti langkah ke-2, sekarang msk ke langkah ketiga,Yaitu, menggambar dagu,…..Disarankan Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kebawah
4. Garis yg tertera dibawah alis adalah tempat anda menggambar mata,…matanya bisa anda pilih pada gambar diatas, di awal.
Jika sudah menyelesaikan tahap ini maka anda dapat menyelesaikan seperti gambar di bawah ini
Body
Menggambar tubuh memang terlihat mudah tapi untuk dapat membuat gambar tubuh yang bagus coba lihat pada gambar di bawah ini
Hands
Step by step menggambar tangan :
1. Pertama gambar lingkaran lingkaran seperti gambar dibawah ini . Letakan titik bulat didalam lingkaran oval tersebut. Kemudian titik ini akan berguna untuk memudahkan menggambar dalam menentukan pusat dari jari-jari yang nanti akan kita digambar.
2. kedua gambar 5 buah garis lurus dengan berpusat pada titik pusat yang akan menjadi jari-jari, dimana garis terpanjang adalah garis untuk jari tengah. Gambar lingkaran oval diatas lingkaran oval pertama.
3. ketiga garis busur yang melewati ke empat garis yang panjangnya hampir sama kecuali bagian jempol. Garis busur paling luar untuk menentukan batas panjang dari jari. Lalu berikan titik titik untuk menentukan buku-buku dari jari.
4. Keempat Mulailah menggambar sketsa tangan dengan berpatokan pada garis garis bantu yang telah dibat sebelumnya dan juga menggunakan inspirasi kita agar gambar tidak terlalu buruk.
5Kelima dari gambar disamping dapat dilihat bahwa ibu jari ditekuk ke dalam. Pergerakan Jempol dan perubahan bentuk yang terjadi pada pangkal jempol. Agar gambar terlihat lebih alami maka tentukan dahulu titik pusat rotasi pada pangkal ibu jari. Kemudian buatlah lingkaran dengan radius yang digunakan adalah ibu jari (jempol).
6.Keenam gambar tangan disamping dapat dimodifikasi dengan merubah posisi jari-jari tersebut menjadi saling merapat menggunakan bayanagan, sehingga panjang jari telujuk dan jari manis terlihat sama tingginya.
MENGGAMBAR TEKUKAN BAJU:
Tingkat-1
Hal paling penting untuk dipertimbangkan saat Anda menggambar pakaian atau jenis kain arah kain akan ditarik masuk Folds disebabkan dimanapun kain sedang diregangkan atau ditarik; mencari tahu bagaimana tepatnya Anda ingin kain untuk memindahkan , dan sisanya cukup mudah. Selalu ingat untuk mempertimbangkan angka di bawah pakaian, kain harus mengungkapkan bentuk angka di bawahnya
Di sebelah kiri adalah beberapa contoh jenis dasar lipatan. Perhatikan pergerakan setiap contoh di; kain mengalir ke bawah di atas kiri dua, karena mereka ditarik ke bawah oleh gravitasi. Jenis lipat akan pada sesuatu yang menggantung longgar, seperti jubah atau baju panjang. Pada contoh di bawah kanan kiri dan atas, kain tidak hanya ditarik oleh gravitasi, tapi membentang ke kiri (mungkin oleh lengan yang bawah pakaian). Lipatan menjadi lebih horizontal daripada vertikal makin jauh membentang. Juga perhatikan bagaimana terkadang lipatan bersarang dalam satu sama lain. Hal ini sering akan terjadi pada sendi atau daerah di mana pakaian longgar adalah berkumpul up. Gambar Atas kanan contoh yang sedikit
lebih kompleks dari sepotong kain yang lebih inert ditarik dalam viarety arah
Perhatikan bagaimana lipatan mengikuti arah kain ditarik masuk
Berikut adalah beberapa contoh bentuk lipatan dasar. Di sebelah kiri, kain ditarik ke bawah oleh gravitasi dan ke kanan oleh angin atau gerakan. Salah satu kiri, strip panjang kain berkumpul di dekat bagian atas. Ingatlah untuk menggunakan shading untuk memberikan bentuk yang lebih subjek Anda. Umumnya, Anda naungan sepanjang garis lipatan, atau pada tempat-tempat yang menurut Anda bayangan akan cor. Hal ini memerlukan beberapa membiasakan diri. Ini membantu untuk melihat lipatan aktual kadang-kadang untuk melihat mana untuk naungan. Kadang-kadang, aku akan sketsa tirai atau handuk tergantung di kursi hanya untuk berlatih dan mendapatkan merasa lebih baik tentang bagaimana pakaian yang berbayang.
Berikut adalah beberapa contoh yang lebih acak dari unsure dan beberapa lengan
Yang paling penting untuk dicatat di sini adalah bentuk lipatan pada sendi dari lengan di tengah.
Ini adalah beberapa lebih kompleks, tumpang tindih dan lipatan bersarang. Lebih detil anda menaruh ke dalamnya lipatan, semakin menarik akan terlihat. Di sebelah kiri, perhatikan bagaimana kain tandan di tempat itu diikat bersama-sama, berat kain menarik ke bawah dan menyebabkan kusut tambahan dan lipatan untuk membentuk di mana ia berkumpul bersama. Dasi itu sendiri yang diambil dengan banyak detail, dan kain di bawahnya longgar bertiup angin. Kain adalah berbayang di sekitar lipatan dan di ceruk-es yang dibentuk oleh kain. Pada gambar di sebelah kanan, panjang kain disampirkan di atas lantai; perhatikan bagaimana lipatan sarang di satu sama lain dan tumpang tindih, menciptakan efek yang menarik.
Hal lain yang saya ingin tunjukkan adalah ketebalan kain dalam pertanyaan. Kain di contoh disamping muncul tipis dari kain dalam contoh yang lebih rendah. Perhatikan kedua kerah. Disamping, tepi melingkar kerah terhubung langsung ke seluruh kerah, sementara di bawah, ada ruang antara pelek melingkar dan bagian vertikal. Hal yang sama berlaku dengan tepi jubah itu. Sedangkan pada contoh di atas, tepi yang renyah dan tipis, pada contoh bawah ada ruang ekstra antara pelek dan seluruh jubah itu. Ruang ekstra membuat pakaian terlihat lebih tebal dan berat.
ACTION KOMIK:
Beberapa contoh dari action komik yang dapat menjadi contoh anda
Mungkin itu saja yang dapat saya Bagikan, untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi http://j-cul.com
Sumber Artikel :
http://j-cul.com/teknik-dasar-menggambar-manga/
http://www.inikaryaku.com/2015/08/tenik-dasar-menggambar-karakter-manusia.html
0 comments:
Post a Comment